Bagaimana Memanfaatkan Internet Untuk Pembelajaran?

Bagaimana Memanfaatkan Internet Untuk Pembelajaran?

Guru yang kreatif adalah guru yang mampu memanfaatkan segala sesuatu yang ada untuk pengembangan proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan perkembangan teknologi yang ada.

Sayangnya, di lapangan ternyata masih banyak dijumpai guru-guru yang belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Contohnya dalam memanfaatkan layanan internet sebagai media pemerkaya materi pembelajaran.

Memang di Indonesia masih banyak daerah yang kurang beruntung untuk mendapatkan akses internet. Semestinya daerah-daerah yang sudah mudah untuk mengakses internet memanfaatkanya dengan baik. Sayangnya, yang diharapkan tidak terjadi. Di sekolah dampingan saya misalnya, ada fasilitas Wifi. Tetapi keberadaan Wifi di sekolah kurang dioptimalkan dengan baik. Guru-guru kurang sadar akan manfaat internet untuk mendukung pembelajaran. Mereka belum mau belajar untuk memanfaatkan internet sebagai penunjang profesinya.

Menghadapi keadaan seperti ini, yang saya lakukan adalah memberikan contoh penggunaan internet untuk membuat display kelas. Suatu saat ada seorang guru yang akan membuat display hewan-hewan. Beliau meminta bantuan saya untuk mencarikan bahan-bahan gambarnya. Saya pun mendapatkan ide untuk mencontohkan penggunaan internet dalam pembuatan display.

Setelah saya tunjukkan gambar-gambar hasil temuan di internet, beliau tertarik dengan yang saya lakukan. Beliau pun akhirnya mau belajar tentang internet. Setelah display guru itu jadi dengan hasil yang memuaskan, guru-guru lain pun mulai tertarik dengan internet. Mereka mulai berbicara kepada saya mengenai rencananya dalam penggunaan internet untuk membuat display. Saya pun gembira mendengar minat mereka, dan sangat bersedia untuk membantu mengajari mereka.

Selain dalam membuat display, internet juga dapat digunakan untuk mencari bahan dalam membuat materi atau media pembelajaran. Seorang guru Bahasa Indonesia dengan mudah mengumpulkan gambar-gambar menarik dari internet untuk pembelajaran berbahasa di kelas rendah. Banyak pilihan gambar yang menarik dan memudahkan siswa selama pembelajaran. Terbukti, gambar-gambar itu dengan mudah dideskripsikan oleh para siswa.[]

[Disalin dari Buku “Bagaimana Ini Bagaimana Itu”, DD Press. Penulis: Ihsan Ariatna]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares