Belajar dari Nyanyian

Sebelum menjadi guru honorer di SDN 35 Pao-pao, saya belum pernah tahu ada lembaga zakat yang peduli terhadap kemajuan pendidikan. Nyatanya memang ada, contohnya Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa banyak membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan peningkatan mutu guru.
Salah satu sekolah yang mendapat bantuan sekolah saya. Dengan adanya bantuan pendampingan dari Dompet Dhuafa, yang bekerja sama dengan PT Trakindo Utama, SDN 35 Pao-pao lebih maju dibandingkan sekolah lain yang ada di Kabupaten Maros. Betapa tidak, pelatihan rutin bersama trainer berkualitas diadakan rutin setiap tiga bulan di sekolah kami. Pelatihan yang juga mengundang guru-guru sekolah di luar SDN 35 Pao-pao ini membuat kami semakin maju dalam pola pikir, pengetahuan, dan kreativitas. Semua yang telah kami terima selama pelatihan selanjutnya akan kami terapkan pada masing-masing kelas ajar di sekolah masing-masing.
Setiap hari saya mengajarkan Bahasa Inggris. Saya mengajar siswa di tujuh kelas ditambah les tambahan di empat kelas. Sebenarnya cukup melelahkan, namun karena mengajarnya dibarengi dengan niat yang tulus serta dilaksanakan dengan santai, lelah yang ada pun berubah menjadi menyenangkan. Setiap harinya sebelum mengajar, saya selalu berusaha agar bisa sukses mengajar di kelas. Saya ingin siswa bisa belajar dengan baik, senang, dan tidak merasa bosan. Maka, terpikirkanlah untuk menciptakan beberapa lagu dalam bahasa Inggris yang bisa dinyanyikan di dalam kelas.
Terciptalah lagu Part of The Body atau bagian-bagian tubuh manusia. Lagu ini khusus untuk kelas 5. Tujuan dari lagu ini adalah agar siswa lebih mudah untuk mengenal bagian-bagian tubuh manusia dengan cara dinyanyikan. Selain kelas 5, saya juga mengajarkan lagu untuk kelas 6. Lagu yang diajarkan saya dapatkan saat mengikuti seminar pendidikan khusus guru Bahasa Inggris beberapa bulan sebelumnya. Salah satu pemateri pada saat itu menyampaikan bahwa lagu ini mengajarkan tentang sikap, sifat, dan tingkah laku siswa-siswa di sekolah.
Adapun untuk kelas 4 saya mengajarkan lagu Going to The High Mountain. Para siswa sangat antusias, bersemangat, dan senang menyanyikan lagu ini. Puji syukur, saya merasa senang jika lagu yang saya ajarkan bisa disukai oleh anak didik saya. Saat ini setiap hari sebelum saya memulai pembelajaran, anak-anak pasti meminta untuk menyanyikan lagu-lagu tersebut di kelas masing-masing sebagai apersepsi dan penyemangat sebelum pembelajaran dimulai.
[Disalin dari Buku “2 Menyibak Mutu Pendidik Jilid 2”, DD Press. Penulis: Siti Marwa]