Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pengembangan Insani

Usia dini adalah usia emas perkembangan otak anak, karenanya dibutuhkan rangsangan-rangsangan yang akan mengoptimalkan otaknya, selain makanan bergizi yang menjadi bagian yang harus menjadi perhatian utama para orang tua. YPI memandang penting untuk berkontribusi dalam tantangan ini dengan mendirikan PAUD Pengembangan Insani.

PAUD Pengembangan Insnani adlaah lembaga pendidikan usia dini yang didesain dengan konsep pendidikan yang berkualitas dan pengelolaan yang profesional namun terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.

Sasaran dari program PAUD Pengembangan Insani adalah seluruh anak usia minimal 3 tahun dan maksimal usia 6 tahun, yang berada di semua kondisi sosial ekonomi masyarakat. PAUD Pengembangan Insani memiliki 3 layanan utama: Play Group (untuk anak usia 3 tahun), Kelas A (untuk anak usia 4 – 5 tahun), dan Kelas B (untuk anak usia 5 – 6 tahun).

PAUD Pengembangan Insani saat ini memiliki 71 peserta didik, dan 7 guru. Operasional PAUD Pengembangan Insani berpusat di Jl. Raya Parung – Bogor KM. 42 Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat.

SD Pengembangan Insani

Bermula dari permintaan masyarakat akan sekolah yang berkualitas dan memiliki kurikulum yang khas, lahirlah SD Pengembangan Insani dengan tagline “Sekolah Adab Qur’ani”.

SD Pengembangan Insani adalah sekolah yang mengembangkan kurikulum pendidikan Adab Qur’ani dengan merujuk pada pemahaman ulama ahlussunnah wal jama’ah terhadap ayat-ayat dan kumpulan hadits-hadits yang relevan dengan Al-Qur’an Juz 30, Juz 29, dan Juz 1.

Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum khas yang kami namakan Kurikulum Adab Qur’ani, dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Penanaman adab yang berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  2. Pembelajaran Al-Qur’an, baik tahsin, tahfizh dan tadabbur, dengan target 3 juz (Juz 30, 29 dan Juz 1).
  3. Al-Qur’an dan hadits menjadi ruh kurikulum sekolah.
  4. Memakai buku modul yang disusun sendiri. Tidak memakai buku paket ataupun LKS sehingga kurikulum benar-benar khas, proses pendidikan lebih fokus, dan tentu tidak memberatkan siswa.