Profil Ideal Siswa SMART Menjawab Tantangan Gobal

Oleh: Ervan Nugroho (Guru SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa)
Kok bisa Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia menjawab tantangan global sih….? Kok bisa….. He he he…., ada strategi donk…., kata Bang Ucok.
Waktu itu bulan Januari di setiap tahunnya panitia seleksi nasional beasiswa siswa bergotong royong bersama untuk ’mencerna‘ dan ‘menghisap’ bibit-bibit anak muda yang dari tak mampu secara ekonomi menjadi siswa yang akan hidup selama lima tahun dengan visi besar dan mengalahkan atas keterpurukan ekonomi menjadi kemapanan ekonomi.
Bung….., gimana cara kau membuat siswa miskin menjadi percaya diri banget…! Kita punya strategi Bang, sekolah kita SMART Ekselensia Indonesia memiliki karantina yang beken buat para siswa. Kita awali dulu Bang dengan seleksi siswa yang ‘pinter’ tapi tidak mampu secara ekonomi untuk kita rubah mindset hidupnya. Terus Bang, kita jemput dan kita didik di sekolah Dompet Dhuafa punya nih di Desa Jampang.
Sesampainya siswa di sekolah kita, siswa kita beri asupan gizi berupa matrikulasi. Apa itu Bang, matrikulasi…? Itu lho Bang…, semacam penyamaan kemampuan antar siswa dari berbagai desa di daerah-daerah. Apa isinya Bang Ucok…? Isi matrikulasi dengan Quantum learning, matrikulasi dengan materi krusial dan pendidikan dasar karakter kepemimpinan (PDK).
Mas Udin saja tahu kalau Quantum Learning (QL) itu keren habis. Kok bisa….? Gimana mas Udin tuh quantum learning. Quantum learning itu ada empat materi yang diberikan buat siswa baru kita, materi baru itu berupa super memory system; speed reading, easy writing dan mind mapping.
Gimana….? Mantab kan?
Kita siapkan para siswa dengan kondisi yang ‘culun’ menjadi pribadi yang berani tampil di depan umum. Jangan salah lho…., siswa kita pada awalnya masih memiliki pandangan yang polos. Kita poles mereka dengan aktivitas individu dan kelompok hingga muncul rasa percaya diri yang tinggi. Problem anak dari ‘kaum marginal’ adalah PD yang rendah.
Kembali ke QL, siswa kita gembleng untuk mampu mengingat super, membaca super, menulis super dan memetakan hal-hal super. Dalam kegiatan MPLS, program wajib dari pemerintah kita tambahkan kegiatan khusus sekolah, kegiatan khusus berupa latihan dasar kelompok. Pertandingan, games dan kompetisi antar group kita gelorakan sehingga visi menjadi pribadi yang super tertanam.
Kita rubah cara pandang siswa ‘marginal’ dengan cara pandang seorang negarawan, seniman, relawan, dermawan, budiman hingga hartawan. Gimana tuh cara merubah mereka…? Pinta Bang Jupri. Insya Allah ada jalannya Bang, jalannya dengan kita berikan tiga hari dalam satu pekan, para siswa ‘unggul’ kita menjadi keynote speaker dalam kegiatan apel pagi kita. Mereka gelorakan semangat dalam kajian fiksi dan non-fiksi, kalau kita hitung dalam sebulan ada 12 kali siswa menggelorakan semangat jiwa muda mereka.
Bung, permasalahan global kita bisa kita mindmapp-kan. Problem global kita berupa kemiskinan, kebodohan, dan ketamakan. Kemiskinan merupakan problem yang menyeluruh, miskin dalam bahasa berarti serba kekurangan, serba kekurangan ini multi tafsir, bisa kurang harta, bisa kurang ilmu, bisa kurang pahala, bisa juga kurang amal ibadah. Kemiskinan yang muncul di muka bumi adalah karena ketimpangan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Semakin giat seseorang berusaha mandiri tanpa putus harapan, akan mendapatkan hasilnya. “Hasil tidak pernah membohongi proses’, itu pepatah yang sering kita dengar.
Terus bagaimana cara siswa SMART mengalahkan masalah global tadi? Tanya Mbak Mirna. Jawabannya dengan kita memproses selama 5 (lima) tahun dengan bantuan para donatur untuk menjembatani para siswa ‘marginal’ dididik, dibina dan dilahirkan kembali menjadi siswa yang siap bertarung, siap ambil bagian dalam memutus tali ekonomi yang buruk keluarga. Siswa sejak kelas 7 dilatih belajar tanpa henti atas semua ilmu dan belajar berdagang di sela-sela hidupnya di asrama.
Siswa diajari memiliki profil Giat Berusaha. Giat berusaha merupakan salah satu kunci untuk berhasil. Fakta mengatakan bahwa para penemu hebat dunia, berhasil menemukan alat hebat mereka tidak dalam waktu singkat, namun membutuhkan proses waktu yang lama. Mereka tidak lelah dan tidak putus harapan, mereka memiliki profil giat berusaha.
Siswa kita yang telah memutus tali kemiskinan menjadi tali kekayaan di masyarakat alhamdulillah telah banyak, ada yang berhasil menjadi pengusaha gorengan molen arab, ada yang berhasil terlibat dalam dunia telekomunikasi dan informasi, dan banyak lagi. Profil Giat berusaha akan menghasilkan yang baik.
Tantangan global kedua adalah kebodohan. Kebodohan adalah sumber kedzaliman. Orang bisa berbuat dzalim karena tidak tahu akan ilmu. Orang tidak berilmu akan menghancurkan apa saja. Masih ingatkah kau kawan akan nasehat Nabi SAW, serahkanlah suatu urusan kepada ahlinya. Barang siapa yang mengurusi suatu pekerjaan tanpa ilmu maka tunggulah kehancurannya.
Siswa kita rubah dari siswa ‘biasa’ menjadi siswa luar biasa. Bagaimana strateginya Mas Bejo….? Celetuk Dek Puji. Menurut Mas Bejo, siswa SMART Ekselensia Indonesia, sudah dido’akan dengan nama sekolah yang bagus banget artinya, SMART berarti pintar, ekselensia berarti pintar benar. Kurikulum internal sekolah dan kurikulum eksternal kita padukan menjadi kurikulum yang holistik bagi siswa. Materi khas sekolah kita optimalkan dengan waktu tatap muka yang sedikit berbeda dengan waktu dinas pendidikan. Quantum learning selalu kita gunakan dalam kegiatan moving class kita, yang ‘diciptakan’ dengan model–model pembelajaran, inovasi pembelajaran dan waktu reading book yang banyak dengan perpustakaan yang memfasilitasi berbagai referensi yang dibutuhkan.
Mencipta siswa menjadi pembelajar sejati merupakah visi sekolah ini, lantunan mars SMART yang meniupkan angin segar membangun diri sebagai pembelajar sejati terus mengiringi. Moment kejuaraan, pertandingan dan olimpiade terus diikuti guna mengasah pikiran dan harapan. Kegiatan ilmiah berupaya dikembangkan dalam diri siswa.
Banyak siswa SMART yang telah menjadi pemimpin dikampusnya. Menjadi pemimpin bagi mahasiswa lainnya, menunjukkan bahwa sebagai pribadi manusia yang soleh perlu dan penting untuk beramal baik bagi sesama. Kalau mereka memilikim ‘kebodohan’ belum tentu dipercaya menjadi seorang pemimpin di kampusnya.
Saat ini mereka memimpin organisasi kampus, suatu saat akan memimpin organisasi dunia.
Kepekaan sosial, daya nalar, kemampuan berpikir kritis dari para guru berikan dalam proses belajar mengajar yang apik di setiap waktunya. Kemampuan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi dikembangkan dalam moment-moment pembelajaran dalam kelas dan luar kelas.
Profil kedua siswa SMART adalah Pembelajar sejati. Profil Pembelajar sejati menitikberatkan dalam berapa banyak buku yang telah dipelajari, dibaca dan dikaji kandungan ilmunya, untuk kemudian dibuat menjadi bahan diskusi bersama. Jangan salah kira lho…. Siswa kita doyan melahap buku hingga berbuku-buku. Mantab pisan mereka, buku mereka lahap, internet mereka lahap, hingga perfilman pun merek lahap dengan sempurna.
Belajar yang menyenangkan insya Allah menghasilkan buah yang baik. Seperti apakah belajar yang menyenangkan itu….? Belajar dengan model dan media yang menarik, model dan media yang rutin di-upgrade sehingga tak muncul rasa bosan.
Memang sih, butuh waktu dan energi lebih untuk itu semua. Tapi Bro, permasalahan kebodohan bisa kita atasi dengan menyemangati para ‘darah muda’ untuk senantiasa baca, baca, dan baca buku. Quantum learning dioptimalkan dan forum diskusi bermutu dioptimalkan.
Profil Siswa Pembelajar sejati pun diwujudkan dengan menjadi mahasiswa pasca sarjana di negara orang lain. Siswa SMART Ekselensia menjadi mahasiswa program pasca di Belanda, pengalaman yang baik untuk kaum marginal menimba ilmu di negeri seberang.
Pembelajar sejati profil yang senantiasa diikuti para siswa hingga belajar di Malaysia, Perancis dan negara lainnya.
Bang masih ada permasalahan global ketiga, problem itu berupa ketamakan. Ketamakan menjadi masalah global karena hampir banyak manusia itu tamak. Dalam bahasa ketamakan merupakan sebuah berupaya mendapatkan lebih untuk diri sendiri. Ketamakan menggerogoti dunia, bisnis dikuasai segelintir orang, sekelompok kecil manusia, dunia dikuasai oleh kebijakan segelintir negara, perusahaan dikuasai oleh segelintir orang, hingga muncul monopoli, liberalisme dan kapitalisme.
Profil siswa SMART adalah kedermawanan. Kedermawanan siswa disuguhkan dengan pola hidup sederhana, pola makan yang sederhana, pola komunikasi yang seadanya dan belajar yang mengoptimalkan potensi sarana prasarana yang ada. Siswa senantiasa ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Kegiatan membangun desa. Siswa beberapa hari belajar di desa orang lain untuk berbagi ilmu, berbagi kesempatan dan berbagi amal ibadah dengan membangun sarana pendidikan, ibadah dan karakter masyarakat.
Siswa SMART berprofil kedermawanan untuk dunia, mereka lahir dari keluarga miskin dan merasakan menjadi orang yang kurang. Rasa terima dilatih untuk beradaptasi menjadi pribadi sederhana. Tanpa melupakan kulit mereka, siswa kita berubah menjadi pribadi yang berada namun tidak tamak.
Lembaga yang mengajarkan untuk mendahulukan kepentingan orang lain sebelum kepentingan pribadi. Dompet Dhuafa membangun sekolah ini untuk menciptakan pribadi siswa SMART yaang dikemudain hari menjadi dermawan. Peduli untuk negara dan bangsanya. Kedermawanan profil siswa SMART untuk mengalahkan permasalahan global. Dengan empat puluh siswa di setiap angkatannya, para guru dan lembaga berupaya ‘menciptakan’ siswa dengan profil ideal bagi dunia. Giat Berusaha, Pembelajar Sejati dan Kedermawanan dibingkai dalam religius sejati akan menciptakan pribadi yang diidamkan olah para leluhur bangsa. Bangsa Indonesia akan menjadi negara maju dan jaya dengan keberadaan para siswa, generasi muda yang berkarakter SMART. []